Tempat Wisata di Belitung Timur berikut ini wajib di Kunjungi saat ke Belitung

Tempat wisata di Belitung Timur


Hi sobat travelers, gimana udah pada nentuin tempat wisata buat tahun baru nanti ? Kalau belum, liburan ke Belitung juga boleh ;). Jalan-jalan Ke Belitung juga ga kalah seru kok. 

Nah, kalau di beberapa artikel saya cuman bahas masalah tempat wisata yang wajib di kunjungi kalau jalan-jalan ke Belitung, di artikel yang satu ini kita bakal bahas tentang Belitung Timur ! Yiippyy... hehe

Well, pada umumnya udah tahukan kalau Belitung itu merupakan sebuah kepulauan, atau biasa juga di kenal dengan sebutan BABEL (Bangka Belitung), eits... sebenernya Bangka sama Belitung itu beda pulau loh yah.. cuman satu provinsi aja. 

Dulu, jaman kuliah temen-temen saya sering nanya, kalau dari belitung ke bangka naik motor berapa jam? Lah saya bingung toh, naik motor.. yang ada situ tenggelam. Haha. Kalau naik kapal sih dari Belitung ke Bangka sekitar 3- 5 jam an tergantung kapalnya. Biasanya Express Bahari sih, saya juga terakhit ke Bangka udah 5 tahun yang lalu jadi agak lupa durasinya hehe. 

Loh kok jadi bahas Bangka sih x_x ! Oke kembali lagi ke benang merah ! Nah, jadi pulau Belitung itu punya dua kabupaten yakni Belitung induk atau yang biasa di sebut Belitung dan Belitung Timur. Nah kalau di artikel sebelumnya kita membahas masalah pantai-pantai indah yang ada di Belitung, sekarang giliran Belitung Timur yah. 

Sedikit berbeda dengan Belitung, kawasan pantai untuk tempat wisata di Belitung Timur kurang menarik di bandingkan dengan Belitung (menurut saya sih yah), soalnya pantai di Belitung timur airnya sedikit keruh dan lumayan dalam, jadi kalau buat renang ga rekomended deh, jadi kalau saya jalan-jalan ke Belitung Timur jarang ke bagian Pantai sih (maklum udah tinggal dekat pantai Tanjung Tinggi)

Tetapi, perlu kalian ketahui, bahwa lokasi syuting Laskar Pelangi itu 70% di Belitung timur dan sisa bagian pantainya itu di bagian Belitung Induk. Jadi intinya yang lebih banyak di kunjungia wisatawan saat ke Belitung Timur pastilah yang berbau Laskar Pelangi atau Pak Ahok ! 

Yup! Pak Ahok sendiri berasal dari Belitung Timur, bahkan beliau juga merupakan mantan Bupati Belitung timur. 

Well, lansung aja... berikut ini ialah tempat wisata di Belitung Timur yang wajib banget kalian kunjungi : 

1. Replika SD Laskar Pelangi 

Tempat wisata di Belitung Timur
Berfoto ria bersama Mr.X di depan SD Laskar Pelangi 

Seperti yang saya sampaikan di atas, bahwa tempat syuting Laskar Pelangi masih menjadi kesukaan wisatawan hingga sekarang, jadi bagi sobat traveler yang jalan-jalan ke Belitung, wajib mampir dan foto-foto kece disini yah. 

Biaya masuk ke Lokasi hanya 5.000/orang, dan jangan lupa pake topi atau ga bawa payung yah, soalnya puuuuaaannnaass banget. 

2. Rumah Keong

Kalau udah mampir ke Replika SD Laskar Pelangi, jangan lupa mampir ke Rumah Keong, yang mana lokasinya di depan lokasi wisata SD Laskar Pelangi persis, jadi sekali jalan biasa dapat 2 kan yah hehe.
Tempatnya kece abis, instagramable banget deh. 

Tempat wisata di Belitung Timur


Biaya masuk ke Lokasi cuman 5.000/ orang, kecuali hari raya dan hari besar lainnya yah biasanya tarifnya berubah. 

3. Museum Kata 

Setelah jalan-jalan dan foto-foto di dua tempat wisata di atas, lanjut lagi ke Museum Litery pertama di Indonesia yakni Museum Kata yang di dirikan oleh Andrea Hirata yang mana juga sebagai penulis novel Laskar Pelagi.  

Jujur sih, terakhir saya masuk ke museum kata waktu museum kata masih harga masuknya 2.000 sekitar 5 tahun yang lalu, dan setelah renovasi sekitar 2 tahun yang lalu sekarang udah ga pernah masuk lagi, tapi kemaren waktu Mr.X ke Belitung, jadi bawa dia jalan-jalan kesana terus kita mampir buat foto-foto di depan Museum. 

Kalau cuman buat foto-foto doang udah lumayan kece dan Instagramable sih, tapi beda lagi kalau buat tambah ilmu dan pengalaman, kalian wajib masuk ke museum ini. 

Tempat wisata di Belitung Timur
Tampak Depan Museum Kata, Kota Gantung Belitung Timur.


Kita ga mau masuk buat sedikit menghemat budget sih hehe. 

Biaya masuk museum IDR 50.000/ orang. Sebenernya, kalau menurut saya masih worth it sih bayar 50.000 buat masuk ke Museum, soalnya kita bakal dapat buku novel tebel. Jadi pada intinya, kita bukannya bayar buat masuk ke Museum, tapi seperti membeli Novel saja. Hanya saja waktu itu, kita posisinya masih kere banget jadi mutusin buat foto-foto di depan doang hehe.

4. Kampung Ahok 

Setelah puas jalan-jalan, waktunya mampir ke Kampung Ahok. Lokasinya tidak jauh dari Museum Kata tersebut. 

Tempat wisata di Belitung Timur

Kampung Ahok ini sebenernya sebuah rumah yang terbuat dari papan yang di design semenarik dan tradisional banget. Sebenernya Kampung Ahok ini bisa di Bilang tempat oleh-oleh sih. Dan di depan Kampung Ahok, ialah rumahnya bapak Ahok tercinta. Kalau kesini kalian ga perlu bayar apa-apa kok, kecuali kalau kalian memang pengen belanja oleh-oleh beda lagi ceritanya hehe. 

5. Warkop Manggar 

Kalau ke Belitung Timur, saya saranin kalian untuk ke Kota Manggar dan mampir ke Warung Koping Manggar. Beda dengan warkop Kong Djie yang saya ceritakan di artikel sebelumnya (klik disni!)

Tugu Kota Manggar, Manggar terkenal dengan istilah 1001 warung Kopi, saking terkenalnya dengan kenikmatan Kopi Manggarnya, jadi buat para pecinta kopi wajib coba nih Kopi manggar ;).


Manggar itu seperti pusat Kota nya Belitung Timur, nah seperti di Belitung induk, pusat Kotanya itu Tanjung Pandan, kalau dari Tanjung pandan ke Manggar kurang lebih 2jam an. 



Rekomen, kalau ke warung kopi Manggar coba kopi manggar yah, pecinta kopi wajib coba nih ;), kalau saya sukanya Kopi O' Susu, manisnya enak ga bikin enek hehe. 

Sumber gambar :
https://momtravelerblog.wordpress.com/2013/11/12/nyeruput-kopi-manggar-khas-belitung/

Nah, mungkin itu saja beberapa tempat wisata di Belitung Timur yang harus sobat traveler kunjungi ketika berlibur ke Belitung, sebenernya masih banyak beberapa tempat wisata lainnya, tapi kali ini sampai disini dulu yah:* 

Salam travelers ;)
Travel Lady

I love traveling so badly,why? Because i can see what i never see in my hometown, i can know that wolrd has many story which many kind of happiness and struggles from each story.

8 Comments

  1. Duh sekolah laskar pelangi benar2 ada yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulunya, katanya itu sekolah jaman dulu, tapi yang buat wisata di bikin replikanya. Itu kan kisah nyata, Bu Mus yang aslinya juga masih ada kok kalau ga salah

      Delete
  2. Kopi O' Susu, enakan yang agag pahit he he he ... kapan ya bisa maen kesitu :) ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. selera sih kak, kebeteluan saya suka manis, jadi kalo ngopi harus ada manis2 nya, tapi Kopi O susu ga pake gula, jd manisnya susu, ga kemanisan.

      Delete
  3. Semoga bisa main ke babel. Penasaran dgn museum kata, novel apa yg bs didapat dgn tiket masuk 50rb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga bisa jalan2 ke Pulau Laskar Pelangi yah kak 😊

      Delete
  4. Saya jadi inget pernah ke Manggar, minum kopi sore-sore sekeluarga, bareng ama bapak-bapak setempat yang lagi ngobrol-ngobrol seru. Kopi di Manggar enak rasanya, pekat. Jadi pengin ke sana lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. boleh main lagi ke Belitung kak 😊, sekarang udah banyak tempat wisata baru loh...

      Delete
Previous Post Next Post