Jalan Jalan ke Belitung, wajib kunjungi tempat wisata berikut ini !


Tempat wisata di Belitung

Jalan jalan ke Belitung memang belum lengkap tanpa nyobain kuliner khas pulau Laskar Pelangi ini, seperti yang sudah pernah saya ceritakan di artikel sebelumnya. Akan lebih tidak lengkap lagi jika para sobat travelers yang berkunjung ke Pulau Belitung tidak mengunjungi tempat-tempat wisata di Belitung ini. 

Tempat wisata di Pulau Belitung memang lebih di cenderung ke kawasan pantai, lebih tepatnya bisa di bilang lebih identik dengan tempat wisata yang berpasir putih dengan air laut biru jernih dan hamparan batu granit. 

Adapun tempat wisata yang wajib sobat traveler kunjungi ketika berwisata ke Pulau Belitung ialah sebagai berikut : 

1. Pantai Tanjung Tinggi 

Tempat wisata di Belitung
Saya sangat menghargai temen saya yang rela naik ke atas Batu granit yang tinggi demi dapetin foto sekeren inj :'D. 

Sudah menjadi rahasia Umum bila pantai Tanjung Tinggi menjadi tempat wisata yang sangat wajib yang harus di kunjungi oleh sobat travelers saat berkunjung ke Pulau Belitung. 

Pantai Tanjung Tinggi sendiri berlokasi di Desa Tanjung Tinggi, Kec. Sijuk Belitung. Jika dari pusat Kota Tanjung Pandan, traveler akan memakan waktu kurang lebih 40 menit atau sekitar 33 KM. 

Pantai Tanjung Tinggi sendiri sudah menjadi icon dari Pulau Belitung, sebab Pantai Bilik ini memang merupakan salah satu lokasi syuting Film Laskar Pelangi (Film yg menceritakan kisah anak belitung pada jaman dulu, yang di tulis oleh Andrea Hirata, yang tak lain juga berasal dari Pulau Belitung). 

Tempat wisata di Belitung
Mohon di Maklumi yah sobat traveler, kulit sedikit gosong, pengambilan gambar di bawah terik sinar matahari persis hehe

Memang, beberapa lokasi syuting termasuk SD laskar Pelangi sendiri berlokasi di Belitung Timur , (akan kita bahas di artikel berikutnya) akan tetapi Lokasi pantai nya berada di Belitung, tepatnya di Pantai Bilik atau yang lebih di kenal dengan sebutan Pantai Tanjung Tinggi. 

Kabar gembira bagi sobat travelers yang punya budget pas-pas an seperti saya ini T.T, karena sobat travelers tidak perlu mengeluarkan uang extra untuk biaya masuk ataupun parkir, alias Gratiiiiisssss !!! Kecuali pada hari Raya seperti Lebaran Idul Fitri, kalian wajib bayar entrance fee yah.. ga mahal kok cuman IDR 5.000. Kalo hari biasa bebas keluat masuk :D

2. Tanjung Kelayang 
Tempat wisata di Belitung
Sunset di Pantai Tanjung Kelayang 

Pantai Tanjung Kelayang sudah jadi Icon nya kabupaten Belitung banget nih, oleh karena itu para sobat Travelers wajib berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang saat jalan-jalan ke Belitung. 

Pantai Tanjung Kelayang juga menjadi pelabuhan sesaat bagi para boat nelayang setempat lebih tepatnya Boat tradisional yang di sewakan untuk membawa para wisatawan ke Pulau-pulau kecil di bagian Utara pulau Belitung. 

Dari pusat kota Tanjung Pandan akan memakan waktu kurang lebih 30 menitan, dan pantai Tanjung Kelayang ini sejalur dengan garis pantai Tanjung Tinggi, maka dari itu, sebelum berkunjung ke Tanjung Tinggi, sebaiknya mampir dulu ke Tanjung Kelayang.  

Sama halnya dengan Tanjung Tinggi, travelers tidak perlu membayar entrance fee ketika berkunjung ke pantai ini. Pantai ini di kelola oleh pemerintah setempat, maka dari itu dari segi pembangunan dan pengelolaan lainnya lebih di prioritas kan. 

Jika kalian beruntung, kalian bisa menyaksikan acara tradisional yang di adakan pada bulan tertentu setiap tahunnya di pantai Tanjung Kelayang ini, seperti misalnya acara Muang Djong (acara selamatan Laut), Festival budaya Belitung yang baru saja di adakan November kemarin, Acara penyambutan Sail Indonesia setiap bulan Oktober dan beberapa acara menarik lainnya. 

3. Tanjung Binga 

Tempat wisata di Belitung

Tanjung Binga merupakan desa nelayan tersebesar di Belitung, makadari itu para sobat travelers yang mempunyai ketertarikan pada budaya masyarakat setempat wajib banget berkunjung ke sini.(bisa jalan jalan bareng kami , klik disni

Desa ini memiliki 33 RT dan mayoritas pekerjaan dari kepala keluarga disana ialah Nelayan, maka dari itu, bagi sobat traveler yang ingin membeli buah tangan hasil dari tangkapan laut bisa cari di desa ini, dan harganya relatif murah karena lansung dari pembuatnya. 

Selain itu, pemandangan sunset yang menakjubkan juga bisa kalian temui di desa ini. Tanjung Binga juga sejalur dengan pantai Tanjung Tinggi, Tanjung Kelayang, ibaratkan 3 serangkai yang tidak bisa di pisahkan. 
Dari pusat kota Tanjung Pandan ke Tanjung Binga hanya memakan waktu kurang lebih 25 menitan. 

4. Pulau Lengkuas 
Tempat wisata di Belitung
Latar belakang, Mercusuar di Pulau Lengkuas :). Tolong abaikan sepatu kece yang saya pakai buat snorkeling hehe

Pulau lengkuas merupakan objek wisata yang sangat wajib kalian kunjungi terutama bagi para pecinta snorkeling. Sebenernya bukan hanya pulau lengkuas, terdapat pulau-pulau indah lainnya yang bisa kalian kunjungi ketika jalan jalan ke Belitung. Seperti misalnya pulau Pasir, Pulau babi, Pulau kepayang, Pulau Batu Belayar. 
Tempat wisata di Belitung
Pemandangan dari atas Mercusuar di Pulau Lengkuas

Untuk menuju Pulau Lengkuas kalian wajib menyewa boat tradisional yang biasanya berlabuh di pantai Tanjung Kelayang, (atau bisa jalan-jalan bareng kami disini) 
Atau, juga bisa sewa boat di desa Tanjung Binga yang mana lebih dekat menuju pulau -pulau tersebut dari pada di Tanjung Kelayang. 

Jika kalian mulai keberangkatan dari Tanjung Binga, kalian hanya akan memakan waktu kurang lebih 10 menitan untuk tiba di pulau Lengkuas, tetapi jika mulai berlayar dari Tanjung kelayang akan memakan waktu sekitar 20 menitan. 
Harga sewa kapal sendiri kurang lebih IDR 550.000 / boat untuk kapasitas 10 orang  dan 750.000/ boat untuk kapasitas 20 orang. 
Pulau Pasir, salah satu pulau yang juga bisa sobat kunjungi di sekitar pulau Lengkuas.


Pulau Batu Belayar, salah satu pulau yang bisa sobat traveler kunjungi, ketika mengambil paket perjalanan ke Pulau Lengkuas. Yang mana Batu Berlayar sendiri tidak jauh dari Pulau Lengkuas.
Tetapi, sekali sewa kalian akan di puaskan dengan pulau pulau yang kalian kunjungi, karena dalam sekali layar, sobat travelers akan di bawa ke 5 pulau sekaligus, yang mana biasanya berangkat dari jam 8 pagi hingga 5 sore, jadi kalau sobat pengen mengunjungi ke 5 pulau tersebut, sebisa  mungkin kalian jangan terpana pada satu pulau, agar kalian bisa membagi waktu untuk mengunjungi pulau yang lainnya. Untungnya dari satu pulau ke pulau yang lain tidak terlalu jauh :). 

5. Danao Kaolin 

Tempat wisata di Belitung

Danao Kaolin memang bisa dikatakan sebagai tempat wisata yang juga tidak bisa di lewatkan saat kalian jalan jalan ke Belitung. Bagaimana tidak ? Sebab, pemandangan yang tak biasa dari bekas tambang kaoling yang menyebabkan genangan air biru, sangat menakjubkan. Bagi yang cari spot foto anti mainstream wajib banget berkunjung kesini !

Tempat wisata di Belitung
Back ground ala tumpukan salju haha


5. Kedai Kopi Belitung 

Bagi para pecinta kopi, ini mungkin menjadi tempat wisata yang wajib kalian kunjungi saat jalan jalan ke Belitung. Belitung juga punya kopi khas yang tidak kalah nikmat dengan kopi - kopi yang ada di daerah lainnya di Indonesia. Oleh karena itu banyak sekali kedai kopi legenda yang sudah hadir sejak lama, seperti misalnya salah satunya ialah kedai kopi Kong Djie di pusat Kota Tanjung Pandan yang sudah hadir sejak jaman penjajahan.


Sumber gambar : http://www.tesyasblog.com/2016/03/warung-kopi-kong-djie-kong-djie-coffee.html?m=1


Itulah beberapa tempat yang tidak bisa sobat travelers lewatkan ketika berkunjung ke Belitung. Sebenarnya masih banyak tempat wisata menarik lainnya, yang pastinya akan saya bahas di artikel berikutnya. Salam travelers :).
Travel Lady

I love traveling so badly,why? Because i can see what i never see in my hometown, i can know that wolrd has many story which many kind of happiness and struggles from each story.

4 Comments

  1. Kayaknya kalau ke Belitung wajib banget mampir ke kedai kopi Kong Djie. Penasaran banget sama rasa kopinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak.. iya wajib banget ! Saran nih.. kalau pesen coba pesen Kopi O' nya, atau kalau mampir ke Belitung Timur, cobain kopi Manggar nya. Itu asli Belitung Punya 😊. Kalau saya lebih suka..yg Kopi susu nya, manis nya ga pakai gula. Manis susu asli jadi ga enek 😆

      Delete
Previous Post Next Post