Jalan Jalan Ke Wonosobo, Wajib Coba kuliner yang satu ini !

Kuliner Khas Wonosobo

Jalan jalan tanpa jajan, ibaratkan sayur tanpa garam, terasa Hambar !


Mungkin itulah pepatah yang cocok untuk mengibaratkan kisah perjalanan yang tanpa icip-icip kuliner khas setempat.Beruntungnya saya, setiap berkelana di tempat orang, hal pertama yang selalu saya buru ialah kuliner khas mereka, termasuk ketika saya jalan-jalan ke Wonosobo dulu. 



membicarakan soal kuliner di Wonosobo, Dieng biasanya lebih di terkenal Caricanya, bagaimana tidak buah yang sekilas mirip buah pepaya ini, memang merupakan buah yang hidup di dataran tinggi seperti di wonosobo, Dieng ini. Dan biasanya Carica selalu diolah menjadi bentuk manisan, kalau sekilas mirip seperti natta de coco yang dalam kemasan, dan teksturnya pun hampir sama dengan natta de coco, cuman rasanya manisannya berbeda sekali, manis dan kenyal. Namun, sobat travelers pernah ngak nyobain buah Carica lansung, alias belum di olah menjadi manisan? Saya pernah ! (Yey.. ga ada yg nanya ). 



Rasanya.. Jauh berbeda dengan olahan manisannya, bila ketika sudah di olah rasanya manis kenyal banget, tapi ketika dimakan lansung, rasa aaaaaaaassseemmm banget , parah ! Tekstut dagingnya mirip banget tekstur daging pepaya. Secara, dari mulai batang, daun hingga buah pun mirip pepaya, dulu pas awal kesini mikirnya itu pepaya mini, eh pas di tanya ternyata itu namanya Carica, dan jujur aja saya baru tahu ternyata di dunia ini ada nama buah yg namanya Carica, dan akhirnya kami kenalan, untung ga sempat pacaran, eeh... Halu..! Hehe



Kalau untuk di jadikan oleh-oleh boleh banget nih Caricanya, harganya juga terjangkau, 1pack isi 5 cup harganya cuman 10rb an kalo ga salah, dan 1 buahnya itu saya beli cuman 5rb. (Karena pengen nyoba versi buah nya jd saya cuman beli 1 buah untuk icip-icip) 



Eetts ... sebenernya kuliner khas Wonosobo yang mau saya ceritain tuh.. bukan Carica loh,waduh.. dah ngomongin Carica aja dari tadi, tapi gak apa-apa sih.. buat sobat travelers yang penen Jalan Jalan ke Wonosobo juga wajib cobain Caricanya kok. 



Kuliner khas yang wajib kalian coba waktu jalan-jalan kesana ialah...... MIE ONGKLOK !!! yeeeaayy... kita cerita sekilas yah sebelum kami nemuin mie Ongklok di Wonosobo, ada sedikit perjuangannya, maklumlah segala sesuatu itu kalau ga pernah di perjuangin rasanya biasa-biasa saja (eeaa... baper T.T) 



Jadi, ceritanya pas nyampe di Wonosobo, perut dah mulai keroncongan, walaupun udah sempet sarapan nasi dari Jogja, tapi memang dasar ini perut karet, jadi bawaannya pengen makan lagi dan lagi, alhasil kami browsing-browsing, gugle sana sini, cari makanan khas daerah setempat. Posisi kami guglenya saat itu di taman kota Wonosobo ( maaf yah kalo salah, karena seingat saya itu udah di wonosobo, terus ada taman di tengah jalan, dan kami berhenti disana, yah saya bilang aja itu taman kotanya hehe) sebenernya banyak banget jajan yang di jual di taman itu, perut dah keroncongan banget sebernye, mutusin buat beli jajan, eh sih Mr X bilang, "Jangan ! Kita wajib cobain kuliner khas nya sini, ingat duit cuman berapa lembar." Hampit aja khilaf, untung Mr.X tetap kukuh.. walau kami saling memengangi perut masing-masing, akhirnya 2 bungkus roti bekal kami pun terpaksa di buka. Akhirnya.. perut dah sedikit di sumbat, semoga ga ngambek lagi, otak udah lumayan encer.. gugling lagi dan kita nemu Mie Ongklok, well.. namanya unik, oke kita wajib coba nih ! 



Setelah gugling makanannya, kita map lagi menuju lokasi, lokasi yg pertama kita nemu di pinggir jalan, tapi sayangnya tutup! Apes!

Kemudian cari di gugle map lagi, nemu ... dan kita menuju lokasi kedua, alhamdulillah.. buka! Sayangnya, saya lupa nama warungnya apa, tapi yg jelas katanya ini warung udah terkenal dan sering di datangi vloger juga, artis-artis juga katanya, memang sih di dinding-dindingnya banyak foto-foto artis yang sempat makan disana. 


Oke, sekarang waktunya kita jelasin apa itu Mie Onglok ! Sebenernya Mie ongklok ini sama dengan bakmie pada umumnya, hanya saja mie ongklok yang merupakan mie rebus khas Wonosobo ini memiliki kuah kental yang terbuat dari Kanji Singkong, isi yang ada di dalam mie nya pun ada irisan kol, dan beberapa irisan sayuran lainnya. Uniknya Mie Ongklok ini di sajikan dengan sepiring sate daging. Satenya berbeda dengan sate madura pada umumnya, mungkin ini sate khasnya sini kali ya.. 

Kuliner Khas Wonosobo
Mie Ongklok wonosobo
Kalau sekilas lihat mie Ongklok ini mirip Mie Belitung (yang belum kenal Mie belitung wajib baca ini!)cuman bedanya kuah mie belitung menggunakan udang, sehingga walau kental tapi rasa udangnya tetap kerasa. 
Dan... uniknya lagi, kuah yang tadi mengental makin lama jadi makin encer, alhasil.jadi kayak kuah bakso ujung-ujungnya , tapi overall.. saya suka banget sama Mie Ongklok. 


Rasanya enak dan khas banget, karena saya belum pernah nemu mie ongklok di tempat lain, mungkin walaupun saya nyobain di tempat lain, pasti ga bakal seenak disini. Kata warga setempat yang kami temui waktu di bukit sikunit (ceritnya sempet gosipin Mie Ongklok), harga mie ongkok nih cuman 6 smpai 8ribuan per porsinya dan kalau di tambah satenya cuman 20rb an. 




Mendengar cerita itu, saya merasa sedikit patah hati, karena untuk 2 porsi mie ongklok, 2 porsi sate dan 2 gelas es jeruk, kami menghabiskan dana sebesar 75.000 IDR, jadi kalau di bagi dua masing 37.500 IDR, dan kalau di hitung lagi, misalkan es jeruknya 5.000 per gelasnya, berarti 1 porsi Mie Ongklok beserta Satenya ialah 32.500 IDR. Well.. pikir positif, mungkin tempat itu sudah terkenal, sudah biasa artis makan disana, jadilah harganya seperti itu.


Kuliner Khas Wonosobo
2 Porsi Mie Ongklok 
So... buat sobat travelers yang Jalan Jalan ke Wonosobo dan punya dana pas pasan seperti kami tapi pengen nyobain mie Ongklok, cobalah di jajanan pinggir jalan, biasanya banyak gerobak-gerobak yang bersepandukan Mie Ongklok hehe... katanya harganya dijamin lebih murah, tapi kalau soal rasa saya ga tau pasti. Setidaknya walau keluar duit sedikit lebih mahal dari harga biasanya, tapi saya merasa puas. 
Travel Lady

I love traveling so badly,why? Because i can see what i never see in my hometown, i can know that wolrd has many story which many kind of happiness and struggles from each story.

Post a Comment

Previous Post Next Post